Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Manfaat Blog yang Wajib Anda Ketahui

 

9 Manfaat Blog yang Wajib Anda Ketahui

Manfaat blog yang didapatkan tiap blogger bisa jadi berbeda-beda, tergantung pada tujuan awal pembuatan suatu blog. Singkatnya, seperti apa jadinya suatu blog nanti, semua kembali kepada si pembuat. Dan itu Anda sendiri.

Banyak orang berpikiran bahwa blog ‘hanya sekedar’ media untuk mengeluarkan opini maupun menyampaikan pendapat. Tentu tidak selalu demikian. Beragam tema blog yang ada di internet seperti blog perusahaan, blog makanan, blog fashion, hingga blog hiburan, misalnya, dapat memberikan manfaat lebih dari sekedar random posting atau ‘bicara suka-suka’.

Manfaat membuat blog memiliki potensi lain yang jauh lebih dahsyat, bukan hanya bagi si penulis, namun juga bagi pembaca. Dalam artikel ini kami akan mengulas manfaat dari blog yang tidak diketahui oleh banyak orang yang wajib anda ketahui. Kami beri bocoran sedikit ya, selain untuk berbagi pengetahuan, blog bahkan bisa digunakan untuk membangun jaringan dan banyak manfaat lain.

Selamat membaca!

Berikut ini adalah 9 manfaat blog

1. Berbagi Pengetahuan

Tidak semua keahlian atau pengetahuan yang Anda miliki dapat dengan mudah dibagikan. Alasannya, belum tentu orang-orang di sekitar Anda sepenuhnya tertarik dengan keahlian yang Anda miliki. Ini sebenarnya terkait pada terbatasnya jangkauan yang Anda miliki. Nah, dengan menggunakan blog untuk berbagi pengetahuan, akan lebih tepat sasaran menuju para pembaca yang tertarik dengan hal yang Anda sajikan.

2. Mengasah Kemampuan Menulis

Satu-satunya cara untuk menjadi penulis terbaik adalah dengan menulis. Tentu Anda pun dapat melakukannya. Anda dapat memulai dengan menulis artikel dalam topik tertentu secara rutin. Hal inilah yang dilakukan oleh para blogger, mereka menghabiskan waktunya dengan menulis. Semakin sering Anda menulis, semakin baik tulisan yang Anda hasilkan.

Hal ini pun telah dibuktikan oleh Raditya Dika, yang mengawali karirnya sebagai penulis dengan membuat sebuah blog. Selain itu, ada pula blogger nyentrik Magelang bernama Agus Mulyadi yang sudah menghasilkan beberapa buku. Semuanya berawal dari blog!

3. Belajar Menghasilkan Uang Secara Online

Bagi Anda yang ingin mencari tambahan pemasukan, Anda dapat melakukannya dengan cara membuat blog. Saran kami, buatlah satu blog terlebih dahulu sesuai dengan tema yang Anda kuasai, kemudian maksimalkan dari sana.

Perlu diingat, menghasilkan uang melalui sebuah blog seringkali tidak langsung terlihat hasilnya. Sama seperti resep sukses para pebisnis, mengasuh blog membutuhkan ketekunan dalam membuat serta menerbitkan artikel secara rutin. Misalnya, sehari dua kali, atau dua hari sekali.

Setelah pengunjung Anda bertambah banyak, untuk mendapatkan pemasukan Anda dapat memasang layanan iklan seperti Google AdSense maupun Audience Network.

4. Membangun Jaringan

Membangun jaringan secara offline tentu tidak mudah, terutama jika Anda memiliki keterbatasan waktu untuk bergaul dan berjejaring. Blog dapat membantu mengatasi kesulitan Anda dengan mudah.

Anda dapat mulai dengan menulis hal-hal bermanfaat dan menarik sesuai bidang yang Anda sukai. Ketika para pembaca tertarik dengan tulisan Anda, mereka akan mengirimkan pesan atau komentar mengenai hal yang Anda tulis.

Nah, sebelum mereka menuliskan komentar, Anda dapat menetapkan alamat email atau nomor telepon sebagai persyaratan penulisan komentar. Selanjutnya, setelah Anda memiliki rincian kontak mereka, Anda dapat menggunakannya untuk mailing list maupun mempromosikan produk/layanan Anda!

5. Menjual Produk

Jika Anda memiliki usaha offline, blog dapat Anda manfaatkan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan setiap harinya. Langkah ini menawarkan solusi bagi banyak permasalahan sekaligus, bahkan dapat menyiasati lokasi tempat usaha yang kurang strategis. Manfaat blog bisa mulai Anda dapatkan ketika produk-produk yang dijual mulai tampil di dunia online.

Hal serupa benar-benar dirasakan oleh pengusaha durian asal Medan. Pada awalnya, usaha durian miliknya hadir di dunia online melalui sebuah blog. Tidak perlu menunggu terlalu lama, omzetnya langsung melejit dalam kurun waktu satu bulan mencapai sekitar Rp 2,2 M. Semua bisa ia dapatkan hanya dengan berjualan buah durian.

Mungkin produk unggulan Anda bukanlah buah durian. Meskipun demikian, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat blog dan mulai mempromosikan produk/layanan yang Anda miliki.

6. Pekerjaan yang Lebih Baik

Saat ini mencari pekerjaan bukanlah hal mudah, terlebih jika Anda tidak memiliki keahlian yang mumpuni. Bayangkan saja, setiap tahun selalu bertambah banyak jumlah lulusan baru yang membutuhkan pekerjaan, mulai dari sekolah menengah hingga perguruan tinggi.

7. Manfaat Blog untuk Bisnis

Memulai usaha atau bisnis tentu bukan perkara mudah.Anda memerlukan modal yang tidak sedikit untuk sekedar menyewa tempat yang layak, misalnya. Ketika nantinya pelanggan mulai berdatangan, terdapat banyak batasan yang berpotensi menghambat perkembangan bisnis Anda. Jika dihubungkan dengan tempat, bisa jadi Anda kehabisan space tempat sehingga harus memperluas ukuran fisik ruang usaha Anda maupun pindah tempat.

8. Bangun Kepercayaan

Sebagian besar orang tidak akan menjalin kerja sama dengan orang lain tanpa mengetahui latar belakang berikut kemampuan yang dimiliki. Tentu tidak mudah meraih kepercayaan dari orang lain dalam waktu singkat, bukan?

Anda tidak bisa membeli kepercayaan begitu saja. Namun, blog yang Anda miliki dapat meningkatkan kepercayaan para pembaca terhadap Anda dalam waktu singkat. Caranya, Anda hanya perlu menuliskan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca sesuai topik yang mereka sukai. Citrakan diri Anda sebagai figur yang ‘dapat diandalkan’ dan berwawasan luas. Selanjutnya mereka akan lebih mempercayai Anda.

Cara ini efektif untuk menampilkan citra Anda di hadapan orang yang baru Anda kenal.

9. Dapatkan Lebih Banyak Calon Pelanggan

Blog dapat Anda jadikan senjata memperoleh lebih banyak klien. Misalkan Anda telah memiliki suatu bisnis yang menjual sepatu. Nah, Anda dapat memanfaatkan blog dengan terus-menerus menulis artikel mengenai sepatu, baik tentang sepatu yang Anda jual maupun sepatu yang tidak ada di toko Anda.

Konten yang Anda terbitkan secara teratur ini nantinya akan jadi seperti bola salju. Semakin sering Anda menerbitkan artikel secara rutin, semakin banyak pembaca yang datang berkunjung ke website Anda. Ini juga akan meningkatkan tingkat kepercayaan calon pelanggan terhadap bisnis sepatu Anda.